Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Kisah Sukses KRPL Desa Soahuku (KOMIK)

Dinamika OPT di Maluku

No images

Highlight

banner7
banner
banner9

Digital Online

Statistik

Anggota : 2
Konten : 274
Jumlah Kunjungan Konten : 235870

Kalender Kegiatan

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday142
mod_vvisit_counterYesterday193
mod_vvisit_counterThis week335
mod_vvisit_counterThis month3696
mod_vvisit_counterAll7748
Koordinasi Kegiatan Efisiensi Penggunaan Input Padi Sawah Desa Waimital Serta Peninjauan/penentuan Lahan Untuk Penanaman PDF Cetak E-mail
Oleh Andriko N S, dkk   
Kamis, 12 April 2012 00:00
Efisiensi pemupukan padi sawah di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku masih rendah karena belum menerapkan rekomendasi pemupukan berdasarkan konsep pengelolaan hara spesifik lokasi (PHSL). Selain itu penerapan rekomendasi pemupukan berdasarkan konsep PHSL belum memasukan pemupukan organik dengan memanfaatkan sumber-sumber alami untuk mengurangi aplikasi pupuk kimia/sintetik sehingga dibutuhkan kajian tentang efisiensi penggunaan input usahatani padi sawah di Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku.

Produk target kajian ini adalah teknologi pengelolaan lahan-lahan sub-optimal berupa produk rekomendasi teknologi yang memungkinkan terjadinya efisiensi usahatani padi sawah khususnya komponen pemupukan, pengairan dan penggunaan bahan organik, meliputi : 1) Data teknologi pemupukan dan nilai ekonomi penggunaan pupuk ditingkat petani padi sawah, 2) Database pasokan asli hara N, P dan K padi sawah irigasi, 3) Rekomendasi teknologi pemupukan N, P dan K berdasarkan konsep PHSL, 4) Data komposisi pupuk anorganik dan organik berdasarkan konsep PHSL padi sawah dan 5) Data keuntungan ekonomi penggunaan pupuk akibat penerapan rekomendasi pemupukan N, P dan K berdasarkan konsep PHSL.

Untuk menjawab target dimaksud BPTP Maluku dalam hal ini peneliti/penyhuluh melakukan koordinasi dan pertemuan dengan pemerintah setempat yaitu Kepala Dinas Pertanian Seram Bagian Barat (SBB), penyuluh pertanian pada tanggal 04 April 2012, dalam koordinasi tersebut Kepala Desa Waimital berterima kasih atas pemilihan lahan kajian di desanya dan rencana kajian Efisiensi Penggunaan Input Pada Usahatani Padi Sawah. Koordinasi dengan Koordinator PPL (Adnan Landjahi) dan PPL (Ibe Kapitan) memutuskan lahan sawah di desa Waimital sebagai lahan kajian. Lokasi uji petak omisi ditentukan sebanyak 3 unit yang tersebar di hamparan seluas 500 m dan petani kooperator terdiri atas tiga orang yaitu Mujiharso, Wagiman dan Supeno. Dalam Kegiatan tersebut juga diadakan Pertemuan dalam rangka sosialisasi dan penjaringan data riwayat pemupukan serta usahatani padi sawah di kabupaten Seram Bagian Barat telah dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 30 orang.

1). Sebagian besar sarana produksi pertanian terutama pupuk disediakan di lokasi kajian dan siap digunakan pada saat pelaksanaan penelitian; 2). Hasil Analisis data sementara penjaringan data PHSL adalah sebagai berikut : - Jenis pupuk anorganik yang digunakan oleh petani adalah NPK Phonska, NPK Pelangi, Urea, ZA, SP-36, SP-18 dan KCl - Petani belum memanfaatkan jerami dan pupuk kandang sebagai pupuk organik - Faktor pembatas pertumbuhan utama padi sawah di lokasi kajian adalah hara P, N dan K; 3).

Hasil Analisis data sementara penjaringan data analisis usahatani adalah sebagai berikut :
-  Rata-rata pengeluaran petani untuk usahatani berkisar antara Rp. 5.000.000,-.
-  Rata-rata penerimaan petani padi sawaha sekitar Rp. 11.000.000,-
-  Proporsi pengeluaran dan komponen analisis usahatani lainnya masih dalam tahap perhitungan. 

Dokumentasi


LAST_UPDATED2
 

Helena Tarumaselly

Joomla Templates by JoomlaVision.com